Selasa, 28 April 2020

MENIKMATI KEINDAHAN & KESEJUKAN ALAM DI PAGAR ALAM, SUMATERA SELATAN

MENIKMATI KEINDAHAN & KESEJUKAN ALAM DI PAGAR ALAM, SUMATERA SELATAN


Kota kecil unik yang menawarkan wisata alam serta aneka peninggalan bersejarah. Pagar Alam merupakan salah satu kota yang indah di  provinsi Sumatera Selatan. Pemerintah membentuk kota ini berdasarkan Undang-undang Nomor 8 Tahun 2001 (Lembaran Negara RI Tahun 2001 Nomor 88, Tambahan Lembaran Negara RI Nomor 4115). Dulu kota kecil ini termasuk kota administratif dalam lingkungan Kabupaten Lahat. Yang memiliki luas 633,66 km². Jumlah penduduknya sekitar 126.181 jiwa, dengan kepadatan penduduk sekitar 199 jiwa/km².

Dari kota Pagar Alam ke Palembang berjarak 298 km atau sekitar 60 km di sebelah barat daya Kabupaten Lahat. Pucuk pemerintahan tertinggi di kota ini dipimpin  wali kota dan wakil wali kota.

Tekstur tanah di sini berbentuk besar yang berasal dari jenis latosol dan andosol dengan bentuk permukaan bergelombang sampai berbukit. Tanah di daerah ini pada umumnya adalah tanah yang mengandung kesuburan yang tinggi (kelas I). Terbukti kota ini merupakan penghasil sayur-mayur, buah-buahan, dan merupakan salah satu subterminal agribisnis (STA) di provinsi Sumatra Selatan.


Pada tahun 2000 kota yang sejuk ini mengalami kenaikan jumlah penduduk yang sangat drastis. Yang awalnya penduduknya hanya 112.025 jiwa. Sepuluh tahun kemudian berpopulasi lebih kurang 126.363 jiwa dengan laju pertumbuhan penduduk sebesar 1,22%. Hal itu dikarenakan adanya para transmigran yang ingin menetap di kota yang sejuk ini.

Penduduk di kota ini terdiri dari berbagai suku. Suku Basemah adalah penduduk asli di sini. Namun, terdapat juga suku-suku yang lain di antaranya suku jawa, suku minang suku batak, orang peranakan Arab-Indonesia dan India-Indonesia.


Wisata Pagar Alam.


Salah satu kota terindah di Sumatera Selatan ini mempunyai potensi wisata yang  kaya. Selain wisata alam, terdapat juga peninggalan purbakala. Di kota ini terdapat 33 air terjun dan 26 situs menhir. Terdapat beberapa objek wisata yang terdapat di kota ini, di antaranya, Batu Gong Perkebunan teh Lereng Dempo, Sungai Lematang Indah Air.


Terdapat juga air terjun seperti, Curup Embun, Curup Mangkok, dan Curup Tujuh Kenangan. Sedangkan purbakala terdapat wisata Arca Manusia Purba (Megalithikum). Ribuan situs megalit. Wisata danau juga terdapat di sana diantaranya, danau Tebat Gheban, Tebat Libagh (Lebar), Rimba Candi, dan Hutan Anggrek.


Kota ini sering juga disebut sebagai puncaknya Sumatera Selatan. Karena dikelilingi daerah perbukitan dengan ketinggian 400–3.000 mdpl. Puncak tertinggi berada di Gunung Dempo dengan ketinggian 3.173 mdpl.

Selain itu, kota yang indah ini dikelilingi sejumlah gunung dan bukit. Seperti Gunung Patah (2.817 mdpl), Bukit Raje Mendare, Candi, Ambung Beras, Teungku Tige, dan Bukit Lentur. Kemudian di kawasan ini juga ditemui penjual oleh-oleh kota ini, seperti kopi, teh, hingga figura senjata kudok.






KABAR GEMBIRA
Untuk pecinta poker online Indonesia
Anda bosan bermaindan kalah terus ?? 
Solusinya hanya di INDOWIN99


Dapatkan jackpot mencapai 70 Juta setiap harinya !!!
Dan masih banyak hadiah menarikan yang kami tawarkan setiap hari setiap minggu dan setiap bulannya secara cuma-cuma !!
TANPA DIUNDI.

AGENT JUDI TERPERCAYA

Dapatkan Banyak Bonus dari Kami :
+ Hadiah bulanan TANPA DI UNDI
+ Bonus Cashback 0,3% Dari Nilai Turnover
+ Bonus Referral 20% Seumur Hidup
+ Jacpot Puluhan Juta Setiap Hari

Menerima deposit : 
+ PULSA 
+ Aplikasi DANA
+ GOJEK
+ OVO

Ayo, tunggu apa lagi ?
Daftar kan Diri Anda di INDOWIN99

Contact us :
WA : +855-962-846-901
LINE : INDOWIN99
IG : idw.99
#indowin99
http://promoidw99.com/

Link Alternatif INDOWIN99


| janda69.com | bnk35.com | gif823.com | metod89.com | yen885.com  | demo26.com |


LINK DAFTAR
https://bit.ly/2Kw9SPy




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MENIKMATI TEMPAT BERENDAM CANTIK DI SUMBER AIR PANAS SIPOHON, SUMATERA UTARA

MENIKMATI TEMPAT BERENDAM CANTIK DI SUMBER AIR PANAS SIPOHON, SUMATERA UTARA Pemandian Alam Air Panas Sipoholon adalah sebuah destinasi wisa...