Kamis, 28 November 2019

TEMPAT WISATA INDAH YANG TERBENTUK AKIBAT BENCANA ALAM

WISATA TERINDAH DI INDONESIA YANG TERBENTUK AKIBAT BENCANA ALAM


Belakangan ini Indonesia tengah diguncang oleh bencana alam. Hal tersebut pastinya menjadi pukulan besar bagi setiap orang. Bahkan mungkin bencana akan dipandang sebelah mata bagi sebagian orang.

Tapi siapa sangka jika ternyata ada akibat positif yang ditimbulkan oleh bencana alam. Salah satunya adalah terbentuknya wisata terindah di Indonesia.

Sepanjang sejarah, ada beberapa bencana dahsyat yang terjadi di Indonesia. Bukan hanya gempa bumi saja. Gunung meletus, banjir hingga tsunami sempat menerpa Tanah Air.

Tapi dari bencana-bencana tersebut justru terbentuk tempat cantik yang mungkin saja pernah kamu kunjungi. Penasaran? Yuk simak ulasan Qupas berikut ini!


1. Danau Segara Anak Rinjani.


Danau Segara Anak bisa dikatakan menjadi alasan utama kenapa begitu banyak orang ingin mendaki Gunung Rinjani. Rasanya memang ada hal yang kurang ketika kamu melewatkan tempat ini.

Memang butuh usaha keras untuk mencapainya karena danau cantik ini berada di ketinggian kurang lebih 2.000 mdpl. Tapi keindahannya pasti akan mampu mengalahkan semua mental block yang ada.

Danau Segara Anak pun membentang di area seluas 11 kilometer persegi. Kedalamannya sendiri mencapai hingga 230 meter.

Tepat di sisi barat Gunung Rinjani, Desa Lawang Sembalun di Lombok, Indonesia bagian Timur, kamu akan menjumpai danau cantik dengan warna air biru ini.

Siapa sangka, ternyata wisata di Pulau Lombok ini terbentuk karena adanya bencana alam. Saat itu, Gunung Rinjani meletus dan kemudian membentuk Danau Segara Anak.

Pasca letusan tersebut, anak gunung juga terbentuk. Gunung Barujari namanya. Menarik ya?

Lokasi: Desa Sembalun Lawang, Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat.


2. Gunung Galunggung.


Warga Jawa Barat pasti sudah nggak asing lagi dengan Gunung Galunggung. Apalagi tempat ini bisa dibilang merupakan ikon pariwisata Tasikmalaya.

Eksotisnya pemandangan khas pegunungan yang hijau dan udara dingin menyejukkan bisa kamu rasakan saat berada di sini.

Keindahan wisata alam di Jawa Barat ini pun nggak hanya bisa dinikmati dari atas ketinggian saja. Sebab ada sebuah genangan air yang kemudian disebut sebagai kaldera bisa kamu lihat dari dekat.

Menariknya lagi, kaldera ini bukan secara spontan terbentuk begitu saja, melainkan akibat letusan gunung pada tahun 1982 silam. Bahkan peristiwa ini disebut-sebut sebagai bencana dahsyat.

Setelah beberapa tahun berlalu, bencana sudah sirna. Maka yang tersisa adalah keindahan sebuah kaldera cantik terbentuk. Kamu sudah pernah mengunjungi tempat ini?

Lokasi: Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.


3. Danau Toba.


Salah satu wisata terindah di Indonesia ini ternyata juga terbentuk dari bencana alam. Tepatnya sekitar 73.000-75.000 tahun yang lalu. Cukup lama juga ya?

Bahkan letusan tersebut disebut-sebut sebagai bencana dahsyat yang mengakibatkan kematian masal bagi manusia dan spesies makhluk hidup.

Menurut beberapa literatur, disebutkan pula jika populasi manusia saat itu diperkirakan berkurang hingga sebanyak 60 persen atau sekitar 60 juta jiwa. Dugaan tersebut didasarkan pada dua hal, seperti:

- Material abu yang jatuh ke seluruh dunia telah menimbun sebagian habitat manusia.

- Minimnya cahaya sehingga fotosintesis pada tumbuhan terhambat. Hal ini kemudia berimbas pada langkanya bahan makanan sehingga kematian masal pun terjadi.

Terdengar mengerikan memang. Tapi setelah meletus, gunung tersebut justru membentuk kaldera yang terisi air seiring berjalannya waktu.

Kaldera terisi air tersebut kini dikenal sebagai Danau Toba. Bahkan wilayah ini memiliki panjang 87 kilometer dan lebar 27 kilometer. Nggak heran kalau wisata ini didapuk sebagai danau terbesar di Asia Tenggara.

Lokasi: Sumatera Utara.


4. Gunung Tambora.


Keindahan Gunung Rambora ini memang nggak bisa diragukan lagi. Bahkan tempat ini menjadi incara wisatawan, baik dari dalam maupun luar negeri.

Menariknya lagi, gunung api purba ini juga dijadikan sebagai objek penelitian, lho. Tapi di balik keindahannya, ada cerita kelam dari tempat satu ini. Sebut saja lutusan Tambora yang terjadi pada tahun 1815 silam.

Bahkan letusan tersebut dinilai sebagai bencana terdahsyat dan sangat berpengaruh pada dunia. Selama beberapa tahun, sejumlah negara pun mengalami musim dingin akibat peristiwa ini.

Dalam Jurnal Geologi yang diterbitkan pada 22 Agustus 2018 lalu, letusan Gunung Tambora telah menghempaskan abu yang jauhnya kurang lebih 100 kilometer. Sungguh dahsyat!

Lokasi: Nusa Tenggara Barat.


5. Ujung Kulon.


Taman Nasional Ujung Kulon terletak di Provinsi Banten. Di sinilah spesies badak Jawa yang langka hidup. Bisa dikatakan pula bahwa wilayah ini merupakan rumah mereka.

Terbentuknya wisata satu ini pun terjadi akibat letusan Gugusan Krakatau Tua di tahun 1883. Peristiwa ini memang begitu dahsyat.

Bahkan akibat bencana alam tersebut, sebanyak 36.000 jiwa terbunuh. Suara letusannya pun terdengar hingga radius 48.000 kilometer.

Bisa dikatakan kalau bencana ini paling dikenang dan mungkin saja selalu teringat. Terlebih lagi setelah terjadi tsunami di Selat Sunda pada Sabtu, 22 Desember 2018 lalu, peristiwa pilu tersebut seolah kembali diungkit.

Lokasi: Banten.

Nah, itulah beberapa wisata terindah di Indonesia yang ternyata terbentuk akibat bencana alam. Bahkan beberapa di antaranya sangat mempengaruhi dunia.

Terlepas dari peristiwa memilukan yang banyak menelan korban jiwa, pada kenyataannya kini tempat-tempat tersebut kini memiliki panorama yang sangat cantik.

Tapi harus tetap hati-hati nih saat berkunjung. Apalagi salah satu kawasan wisata yang sudah Qupas sebut di atas baru saja mengalami bencana.





MASTERPOKER99 - Situs Poker Online Terbaik Dan Terpercaya Di 
Indonesia layanan customer service 24 Jam, presentase kemenangan 
paling tinggi dan bonus jackpot setiap harinya
Hanya Dengan Minimal Deposit 25rb saja sudah bisa bermain Poker 
 Online
Tersedia 7 Permainan di dalam situs MASTERPOKER99 yaitu :

 | Poker | Domino | Ceme | Ceme keliling | Capsa | Super10 | 
 | Omaha |

+Bonus Cashback 0,3% Dari Nilai Turnover
+Bonus Referral 20% Seumur Hidup
Minimal Deposit Rp.25.000,

Jadi tunggu apa lagi ? Daftar kan Diri Anda di Masterpoker99
DAFTAR DISINI ! 
Contact us:
WA : +855 8170 7281
Line : Masterpoker99

INFO LEBIH LANJUT KLIK!
LINK ALTERNATIF ! 

Link Daftar






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MENIKMATI TEMPAT BERENDAM CANTIK DI SUMBER AIR PANAS SIPOHON, SUMATERA UTARA

MENIKMATI TEMPAT BERENDAM CANTIK DI SUMBER AIR PANAS SIPOHON, SUMATERA UTARA Pemandian Alam Air Panas Sipoholon adalah sebuah destinasi wisa...