Rabu, 29 Januari 2020

PESONA CANDI SELOGRIYO NAN INDAH MENAWAN

CANDI SELOGRIYO, CANDI INDAH & MENAWAN DIANTARA PERBUKITAN



Di lereng timur kaki Gunung Sumbing, berdiri megah candi berusia ratusan tahun yaitu Candi Selogriyo. Candi ini terletak di lokasi terpencil dari pemukiman penduduk, dan tersembunyi diantara bukit Giyanti , Condong dan Malang.



Konon candi ini merupakan peninggalan masa kejayaan Hindu abad ke-8 Masehi. Candi Selogriyo adalah sebuah peninggalan purbakala candi ini diperkirakan dibangun pada masa Kerajaan Mataram Hindu.

Candi ini menjadi indikasi sebagai tempat pemujaan para pendeta Hindu yang dahulu lebih memilih tinggal di tempat terpencil. Melihat letaknya, candi ini berada di kaki bukit dan dekat dengan sumber mata air juga sungai.

Candi ini juga dianggap sebagai bukti perkembangan nilai-nilai yang ada di agama Hindu. Keberadaan candi yang berada di ketinggian ini menunjukkan bahwa dewa-dewa bersemayam di tempat yang tinggi.

Alasan ini juga menunjukkan bahwa setiap pemugaran yang dilakukan tidak lalu mengubah keberadaan candi agar makna spiritualnya utuh.


Lokasi Candi Selogriyo.



Secara administratif, candi Selogriyo berada di Desa Candisari, Kecamatan Windusari, Kabupaten Magelang. Lokasi ini berjarak 12 km dari kota magelang.

Candi Selogriyo berada di lereng timur kumpulan tiga bukit, yakni Bukit Condong, Giyanti, dan Malang, dengan ketinggian 740 mdpl.

Rute Menuju Candi Selogriyo.



Dari Kota Magelang ke Kecamatan Windusari ada 2 cara. Pertama, cara yang paling mudah dan cepat adalah lewat Kecamatan Bandongan. Untuk cara ini Pengunjung ikuti saja jalan di Kota Magelang yang mengarah ke Bandongan. Di Bandongan sendiri nanti ada pertigaan dengan penunjuk arah ke Windusari.

Sedangkan cara kedua, adalah rute yang lebih jauh. Tapi sisi plus-nya pemandangan di sepanjang jalan itu sangat indah. Caranya dari Kota Magelang ikuti saja jalan besar arah Semarang sampai tiba di Kecamatan Secang. Nanti ada pertigaan ke arah obyek wisata Kalibening.

Kalau mengikuti rute kedua ini, Pengunjung bakal melewati Desa Payaman. Di sana penduduknya bermata-pencaharian sebagai pengumpul batu-batu kali. Cocok dibuat obyek foto. Apalagi sepanjang perjalanan kanan-kiri jalan penuh dengan hamparan sawah.

Setelah sampai di dusun Selogriyo, untuk menuju Candi Selogriyo harus menyusuri jalan tanah Sempit sejauh 2 km. Mobil tidak bisa lewat, hanya bisa dilalui motor. Pinggir jalan tanah itu jurang yang elok dengan hamparan pemandangan sawah hijau. Jadi sebaiknya lalui dengan jalan kaki saja, sambil menikmati pemandangan..

Untuk pengunjung yang naik mobil ke Candi Selogriyo, mobilnya bisa diparkir di sisi jalan besar sebelum masuk ke Dusun Selogriyo. Kemudian jalan kaki lewat jalan tanah ini.

Tips Mengunjungi Candi Selogriyo

Mengunjungi candi tak seperti wisata ke wahana wisata pada umumnya. Perlu kesadaran untuk turut menjaga dan memelihara bangunan candi. Ada etika dan aturan yang mesti ditaati pengelola maupun pengunjung candi. Salah satunya, saat berfoto.

- Dilarang Merokok.
Larangan merokok di area candi biasanya sudah terpampang sejak pintu masuk dan di lokasi-lokasi strategis di candi. Batu-batu candi yang sudah berusia ratusan tahun sangat sensitif terhadap bahan kimia, termasuk asap rokok.

- Dilarang Duduk atau Memanjat Bagian Candi.
Para perancang telah menyediakan jalur khusus untuk berjalan di bagian candi. Aturan ini dibuat sebagai penghargaan terhadap candi dan upaya pelestarian, sebab batu-batu candi yang sudah berumur ratusan tahun lebih mudah rusak.

- Memanjat bagian yang dilarang dipanjat.
hanya untuk pose foto bisa mengakibatkan kerusakan. Bahkan menyentuh atau memegang pun bisa mempercepat keausan.

- Dilarang Corat-Coret.
Aksi vandalisme memang menjadi masalah di manapun. Apalagi kalau hal itu dilakukan di atas batu candi yang usianya ratusan tahun. Kegiatan corat-coret yang tidak bertanggung jawab dan tidak menghargai nilai estetika dan kebersihan suatu objek wisata. Aksi corat-coret ini bisa diganjar tindakan hukum.

- Jangan Membuang Sampah Sembarangan.
Kesadaran akan membuang sampah bekas makanan atau minuman masih sangat rendah. Apalagi kalau hal itu dilakukan di area candi. Para orang tua, ingatkan anak-anak untuk tidak membawa makanan atau jajanan di area candi atau membuang sampah sembarangan.

Sudah saatnya ketika mengajak anak-anak, kita juga membangun kesadaran mereka. Bahwa Candi adalah peninggalan bersejarah dan tempat yang disucikan oleh penganut agama tertentu.



KABAR GEMBIRA
Untuk pecinta poker online indonesia
Anda bosan bermaindan kalah terus ?? 
Solusinya hanya di INDOWIN99


Dapatkan jackpot mencapai 70 Juta setiap harinya !!!
Dan masih banyak hadiah menarikan yang kami tawarkan setiap hari setiap minggu dan setiap bulannya secara cuma-cuma !!
TANPA DIUNDI.

AGENT JUDI TERPERCAYA

Dapatkan Banyak Bonus dari Kami :
+ Hadiah bulanan TANPA DI UNDI
+ Bonus Cashback 0,3% Dari Nilai Turnover
+ Bonus Referral 20% Seumur Hidup
+ Jacpot Puluhan Juta Setiap Hari

Menerima deposit : 
+ PULSA 
+ Aplikasi DANA
+ GOJEK
+ OVO

Ayo, tunggu apa lagi ?
Daftar kan Diri Anda di INDOWIN99

Contact us :
WA : +855-962-846-901
LINE : INDOWIN99
IG : idw.99
#indowin99
http://promoidw99.com/

Link Alternatif INDOWIN99

| janda69.com | bnk35.com | gif823.com | metod89.com | yen885.com | demo26.com |

LINK DAFTAR
www.janda69.com/ref.php?ref=INDOWIN9





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MENIKMATI TEMPAT BERENDAM CANTIK DI SUMBER AIR PANAS SIPOHON, SUMATERA UTARA

MENIKMATI TEMPAT BERENDAM CANTIK DI SUMBER AIR PANAS SIPOHON, SUMATERA UTARA Pemandian Alam Air Panas Sipoholon adalah sebuah destinasi wisa...